Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung – Dilengkapinya sebuah perangkat handphone yang kita gunakan dengan kecepatan akses internet yang cepat dan stabil memang sudah menjadi sebuah kebutuhan di era sekarang. Sebab, saat ini jaringan internet dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan hidup manusia, guna mempermudah segala aktivitas yang dilakukan sehari hari hari seperti belajar dan bekerja. Oleh sebab itu, banyak orang yang mecoba mencari cara agar koneksi yang ada pada perangkat handphone yang mereka gunakan dapat senantiasa cepat dan stabil di setiap harinya.

Salah satu cara yang dapat digunakan agar koneksi internet pada sebuah perangkat seluler agar dapat tetap cepat dan stabil adalah dengan melakukan penguncian agar tetap berada di jaringan 4G. Sebab, jaringan 4G merupakan generasi jaringan yang dapat dibilang lebih baik dibandingkan dengan generasi jaringan seluler terdahulunya, yaitu 2G dan 3G. Lalu bagimana cara melakukan penguncian jaringan 4G tersebut?

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari cara bagaimana agar jaringan 4G pada perangkat HP yang kamu gunakan tetap terkunci, sehingga akses internet yang ada pada perangkat HP tersebut dapat tetap cepat dan stabil, pada artikel kali ini aura.co.id akan menyajikan sebuah informasi yang akan membahas mengenai  bagaimana cara mengunci jaringan 4G Samsung, yang dapat kamu gunakan sebagai sebuah contoh.

Apa Itu Jaringan 4G?

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Meskipun sebagain banyak pengguna perangkat handphone telah sering kali mendengat istilah 4G, namun nyatanya masih banyak pengguna yang belum mengetahui apa sebenaranya yang dimaksud dengan jaringan 4G. Sebelum kita membahas lebih lengkap mengenai imana cara mengunci jaringan 4G Samsung, alangkah baiknya kita terlebih dahulu membahas sekilas mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan jaringan 4G tersebut.

Jaringan 4G (Generasi keempat) adalah sebuah teknologi jaringan nirkabel yang memberikan konektivitas yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jaringan 4G dirancang untuk menyediakan kecepatan data yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan 3G. Dengan menggunakan teknologi seperti LTE (Long Term Evolution) dan LTE-Advanced, jaringan 4G dapat mengirimkan data dengan kecepatan hingga beberapa ratus megabit per detik.

Jaringan 4G memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam hal streaming video, pengunduhan konten, dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Kecepatan data yang tinggi dan latensi yang rendah juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara berkualitas tinggi melalui jaringan data, yang dikenal sebagai Voice over LTE (VoLTE).

Dengan kemampuannya yang lebih baik dalam mengirimkan data dengan cepat dan efisien, jaringan 4G telah memungkinkan perkembangan aplikasi dan layanan baru seperti streaming video berkualitas tinggi, Internet of Things (IoT), dan mobile gaming yang lebih responsif.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Dikutip dari berbagai sumber yang terlah terpecaya, berikut ini adalah bagaimana cara mengunci jaringan 4G pada HP dengan merk Samsung yang dapat kamu gunakan sebagai sebuah contoh:

A. Menggunakan dial pad

Cara pertama untuk mengunci jaringan 4G pada HP Samsung yang banyak digunakan oleh sebagian pengguna adalah dengan memasukan kode dial. Cara ini terbilang cukup mudah dan simpel, karena pengguna tidak memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketika. Bagi kamu para penggunan Samsung yang ingin mengunci jaringan 4G melalui tombol yang telah tersedia pada dial pad, berikut ini adalah caranya:

  1. Buka terlebih dahulu menu panggilan yang ada pada HP Samsung milikmu.
  2. Ketikan kode dial *#0011# pada menu tersebut.
  3. Klik ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas layar, lalu tekan “Back”.
  4. Klik kembali ikon bergambar titik tiga, lalu pilih “Key Input”.
  5. Tuliskan huruf “Q” kapital, lalu klik OK.
  6. Pilih ikon titik tiga, dan ketuk ‘Back’.
  7. Klik kembali ikon bergambar titik tiga, dan pilih lagi “Key Input”.
  8. Masukan angka 0000, lalu tekan OK.
  9. Tunggu beberapa saat hingga tampilan ‘Main Menu’ muncul di layar.
  10. Pilih ‘Protocol State’ dan ketuk ‘Setting’. Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Protocol’.
  11. Di menu ‘Protocol’, pilih opsi ‘NAS’, lalu ketuk ‘Network Control’. Lanjutkan dengan mengetuk ‘Band Selection’.
  12. Pada opsi ‘Band Selection’, pilih kartu SIM yang akan dikunci jaringan 4G-nya.
  13. Pilih ‘Clear All Bands’, lalu ‘LTE Band Preference’. Lanjutkan dengan memilih ‘LTE All’.
  14. Tekan ikon titik tiga dan pilih ‘Back’.
  15. Pilih ‘Apply Band Configuration’.
  16. Tunggu beberapa saat hingga koneksi Internet beralih ke jaringan 4G.
  17. Bila jaringan sudah berhasil dikunci, tekan ikon titik tiga dan pilih ‘END’.

B. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan kode dial pad, untuk dapat mengunci jaringan 4G pada HP Samsung juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi dari pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk membantumu melakukan hal tersebut adalah Force LTE Only. Berikut ini adalah caranya:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Force LTE Only melalui Play Store pada HP Samsung milikmu, lalu instal.
  2. Jalankan aplikasi tersebut.
  3. Klik pada menu pilihan LTE|3G|2G Settings, yang biasanya akan terletak di bagian tengah layar.
  4. Pilihlah kartu SIM yang akan dilakukan penguncian jaringan 4G.
  5. Untuk melakukan penguncian jaringan 4G, kamu hanya perlu melakukan pengubahan pada bagian “Set Preferred Network Type”, dengan memilih opsi “LTE Only”.
  6. Penguncian jaringan 4G telah selesai dilakukan.

Itulah dua cara yang dapat kamu coba lakukan untuk mengunci jaringan 4G pada HP Samsung yang kamu gunakan. Terimakasih telah membaca, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untukmu…