Pesona 8 Curug Tertinggi di Jawa Barat Yang Mempesona

oleh -373 views

Curug Tertinggi di Jawa Barat – Jawa Barat memang memiliki geografi berupa dataran rendah dan juga dataran tinggi seperti pegunungan, di kawasan itu terdapat sumber air pegunungan yang sangat jernih mengalir sampai ke level terendah biasannya disebut sebagai curug atau air terjun.

Berbicara tentang curug yang ada di Jawa Barat tentu saja keindahanya luar biasa, tidak hanya itu saja adapun curug tertinggi di Jawa Barat yang memiliki view menawan dan mempesona. Nah, buat anda yang saat ini berada di Jawa Barat dan ingin mengunjungi destinasi curug tertinggi. Mari simak rekomendasinnya di bawah ini :

Pesona 8 Curug Tertinggi di Jawa Barat Yang Mempesona

 

1. Wisata Curug Citambur

Foto By : @abdulaj85_
Foto By : @abdulaj85_

Pertama, curug tertinggi di Jawa Barat paling populer adalah Curug Citambur. Obyek wisata curug atau air terjun satu ini masuk kategori paling tinggi, Karena titik air yang jatuh ke dasaran setinggi 130 meter. Sementara air terjun ini di apit oleh dua bukit hijau daun yang rindang.

Disamping itu curug Citambur memiliki pesona alam yang eksotis, jika terjun airnya terkena sinar matahari akan terdapat sebuah pelangi yang membentangnya. Pengunjung disini bisa mengabadikan momen indah dan sekaligus nantinnya berfoto dengan latar belakang air terjun.

Lokasi Curug Citambur berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasir Kuda, Cianjur. Waktu operasional bebas hingga 24 jam. Sedangkan untuk tiket masuk ke kawasan Curug Citambur hanya dikenai tariff 3 ribu saja per orangnya.

2. Wisata Curug Pengantin

Foto By : @dayuwj
Foto By : @dayuwj

Berikutnya, Curug atau air terjun satu ini tidak kalah populernya dengan Citambur. Curug Pengantin salah satu andalan bagi warga Sukabumi khususnya, lokasi curug ini sendiri terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi Jawa Barat. Untuk tarifnya gratis atau tanpa di pungut biaya.

Menariknya dari Curug Pengantin meskipun namannya unik namun pesona view-nya yang menakjubkan dan begitu indah sekali, dinamakan pengantin tidak lepas dengan adanya dua curuk yang keluar sama besarnya dan volume air-nya juga deras dan juga bening sekali.

Ada beberapa spot yang bisa di andalkan di obyek wisata Curug Pengantin ini, seperti selfie dengan latar belakang air terjun, mengabadikan momen air terjun yang terkena sinar matahari dapat menimbulkan pelangi. Sementara aktivitas pengunjung disini bermain air seperti berendam, dan membasuh kaki saja.

3. Wisata Curug Nangka Indah

Foto By : Kelloggs NYC
Foto By : Kelloggs NYC

Curug Nangka Indah merupakan destinasi unggulan air terjun warga Jawa Barat, khususnya daerah Bogor sekitar yang memilih berakhir pekan disini. Curug ini selain pesonanya indah nan sejuk, ternyata masuk kategori sebagai air terjun tertinggi yang ada di Jawa Barat mencapai 750 mdpl.

Disamping itu spot menarik di kawasan Curug Nangka Indah bermacam-macam, termasuk pada perbukitan padas yang mengapit air terjun indah itu. Uniknya lagi air yang mengalir ke bawah dasaran seperti saringan besar, karena jika anda berada di bawahnya aman karena airnya terurai.

Lokasi Curug Nangka Indah sendiri berada di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Umumnya jam operasional curug ini di buka mulai pagi setengah 7 sampai malam hari jam 7 WIB. Jika anda berminat untuk berkunjung kesini, siapkan budget masuk sebesar 22,5 ribu.

4. Wisata Curug Bidadari

Foto By : @elandroo102
Foto By : @elandroo102

Dari namannya saja sudah indah di dengarnya, air terjun Bidadari namannya pesonanya sangat eksotis digadang-gadang menjadi air terjun terindah yang ada di Bogor. Lokasi Curug Bidadari ini berada di Jalan Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul – Bogor.

Aktivitas buka di obyek wisata alam Curug Bidadari ini mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore, alur jalan menuju kawasan Curug Bidadari ini terbilang aman untuk kendaraan pribadi sementara sampai di tiket masuk akan dikenakan biaya per orangnya 25 ribu saja.

Menariknya liburan di Curug Bidadari ini terdapat fasilitas bahkan juga spot yang dapat anda abadikan di ponsel, seperti view pegunungan dari bawah air terjun, sungai yang jernih, terdapat spot jembatan yang menggantung bahkan pengunjung yang suka sekali dengan berendam air dingin bisa menuju kolam yang bersumber dari Curug Bidadari.

5. Wisata Curug Sawer

Foto By : @tuhumuryelpido
Foto By : @tuhumuryelpido

Curug Sawer terletak di Desa Gede Pangrango, Cinumpang, Kadudampit, Sukabumi, menawarkan view air terjun yang berada di atas bukit hijaunnya. Tidak hanya itu saja Curug Sawer juga tergolong air terjun tertinggi di Jawa Barat, volume airnya di Curug ini sedang dan tidak pernah mongering.

Curug Sawer selalu ramai pengunjung dari luar Sukabumi, mulai dari para muda-mudi bahkan juga orang yang sudah dewasa untuk mengunjungi Curug ini karena penasaran. Sesampai di pintu masuk kawasan Curug Sawer anda akan wajib membayar tiket masuk hanya 2.500 rupiah.

Fasilitas yang ada di Curug Sawer cukup memadai meskipun tidak selengkap Curug di Jawa Barat lainnya, namun untuk soal spot view di Curug Sawer ini nggak kalah menakjubkan. Jika anda berfoto dengan latar belakang air terjun akan terasa basah, karena derasnya air cipratannya dapat membuat tubuh anda menjadi dingin.

6. Wisata Curug Malela

Foto By : @@sigotik91
Foto By : @@sigotik91

Di Jawa Barat siapa menyangka jika terdapat air terjun yang cantik nan mempesona, disebut sebagai Nigaranya Indonesia. Curug Malela namannya viewnya memang tidak asing lagi untuk di tampilkan, selain sebagai Niagara mini tentu saja pengunjung dapat mengabadikan momen unik ini.

Bentuk Curug Malela berbeda dari Curug pada umumnya, jika Curug ini melebar bukit bebatuannya yang di aliri air dan juga lumayan tinggi aliran air terjunnya sampai ke dasaran. Sementara volume airnya yang standart cocok sekali jika dilakukan aktivitas seperti bermain air maupun berendam menikmati dinginya air Curug Malela.

Sedangkan lokasi Curug Malela berada di Desa Cicadas, Rongga, Bandung Jawa Barat, jika anda berminat untuk mengunjungi di obyek wisata alam air terjun ini diantara waktu operasional bukannya mulai jam 7 pagi hingga setengah 5 menjelang petang. Untuk tiket masuk per orang tarifnya murah meriah hanya 5 ribu saja.

7. Wisata Curug Ngebul

Foto By : @yusufdenims
Foto By : @yusufdenims

Curug Ngebul yang ada di Jawa Barat satu ini memang sudah populer, Curug dengan ketinggian mencapai 100 meter ini tentunnya menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Volume air Curug Ngebul bisa dibilang banyak, namun airnya jernih dan juga dingin.

Suhu di kawasan Curug Ngebul meskipun tidak lepas dengan sinar matahari, akan tetapi sejuk sekali karena adannya pepohonan rindang disekitar air terjun ditambah air terjunya yang beruap sehingga pengunjung ketika berada di bawahnya meskipun jaraknya tidak dekat akan terkena cipratannya.

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Curug Ngebul mulai dari berfoto bersama-sama dengan mengandalkan background air terjun, menikmati dinginnya air di sungai aliran air terjun dan masih banyak sekali lainnya.

8. Wisata Curug Cileat

Foto By : @agungpriy_
Foto By : @agungpriy_

Satu lagi di Jawa Barat yang masih masuk kategori Curug Tertinggi tepatnya di Subang yaitu Curug Cileat, Curug atau air terjun satu ini ketinggiannya dari atas bukit mencapai 100 meter. Uniknya airnya yang turun kedasaran tidak terlalu lebar, tetapi volume airnya begitu deras sekali.

Meski debit air di Curug Cileat ini terbilang banyak, namun masih aman untuk di dekati. Pengunjung disini bisa menikmati paronama alam yang asri, dengan suasana heningnya ditambah sejuknya kawasan wisata Curug Cileat dapat membuat pengunjung semakin betah berlama-lama.

Lokasi Curug Cileat yang letaknya di Gardusayang, Cisalak, Subang Jawa Barat, memiliki jam operasional yang tidak terbatas alias 24 jam lamannya, sementara untuk nharga tiket masuk masih di gratiskan sampai menunggu perubahan oleh pihak pengelolanya.

Nah, itu tadi tentang Pesona 8 Curug Tertinggi di Jawa Barat Yang Mempesona. Semoga informasi yang disuguhkan disini memberikan manfaat sekaligus referensi untuk anda ketika ingin berakhir pekan ke air terjun di Jawa Barat. Selamat liburan

No More Posts Available.

No more pages to load.