Curug Terindah di Jawa Barat – Menentukan liburan akhir pekan memang sangatlah penting, seperti refreshing kali ini yang dipilih yakni Provinsi Jawa Barat. Tepat sekali jika akhir pekan ini anda memilih Jawa Barat untuk destinasi wisata, karena memang pemandangan alamnya yang mempesona di tambah suhunya sejuk sekali.

Jawa Barat bukan hanya dikenal dengan wisata kulinernya saja, namun juga wisata alamnya yang mengagumkan seperti Curug terindah di Jawa Barat. Mungkin bagi anda yang masih penasaran apa saja nama curug yang bisa di jadikan referensi, mari simak daftar selengkapnya di bawah ini :

8 Curug Terindah di Jawa Barat yang Paling Populer

1. Wisata Curug Sanghyang Taraje

Foto By : @agungpriy_
Foto By : @agungpriy_

Pertama, curug terindah di Jawa Barat yang banyak dikunjungi adalah Sanghyang Taraje. Curug satu ini lokasinnya berada di Desa Pakajeng, Kecamatan Pamulihan memang letaknya strategis. Dari Kota Garut untuk sampai ke curug ini jaraknya sekitar 50 Km dan Sanghyang Taraje dikenal sebagai surga dunia.

Menariknya curug atau air terjun Sanghyang Taraje begitu sangat mempesona, berkat dari ketinggian curug bukit mencapai 82 meter, sementara di samping pesona air terjunya terdapat pepohonan yang rindang dengan warna hijaunya sehingga membuat curug ini tampil memukau nan eksotis.

Adapun beberapa fasilitas yang di sedikan oleh pengelola di curug Sanghyang Taraje di antarannya gazebo mini untuk tempat berteduh, taman alam dan masi ada yang lainnya. Sementara harga tiket masuknya hanya di tarif 6 ribu saja, cukup murah bukan?

2. Wisata Curug Mariuk

Foto By : @endayanto23
Foto By : @endayanto23

Berikutnya, kali ini di Jawa Barat yang memiliki curug terindah yaitu di Bogor, tepatnya berada di Sukamulya, Sukamakmur Bogor. Dengan menampilkan pesona air terjun yang sangat indah berkat dari bukit bebatuan yang di aliri air terjun dengan air yang bening dan juga tidak terlalu deras pula.

Menariknya Curug Mariuk aman sekali jika dipakai untuk berenang, selain itu aktivitas lainnya di curug ini seperti menyelam karena airnya yang bening, bermain air saja jika tidak tahan dinginnya air, dan berfoto dengan memanfaatkan latar belakang air terjun terindah.

Obyek wisata Curug Mariuk selalu ramai dikunjungi, tidak hanya akhir pekan saja melainkan di hari biasa di waktu siang hari hingga sampai tutup. Sementara untuk biaya yang harus anda siapkan untuk bisa menikmati pesona kawasan air terjun ini sebesar 35 ribu saja.

3. Wisata Curug Jagapati

Foto By : @agnisjni_
Foto By : @agnisjni_

Rekomendasi destinasi wisata alam di Jawa Barat, khususnya yang ada di daerah Garut bisa menentukan kunjungan di Curug Jagapati. Curug atau air terjun yang satu ini menawarkan pesona alam eksotis, berkat dari air yang jatuh ke dasaran dengan jarak yang lumayan tinggi.

Sebnarnya Curug Jagapati ini sangatlah unik, meski terbilang tinggi namun alurnya berbelok-belok yang terbagi dalam 4 bagian sebelum jatuh ke kolam dasar. Meski pengunjung bebas untuk melepas penat disini, tetapi ada baiknya untuk tidak mengunjungi Curug Jagapati di hari Selasa dan Jum’at karena sudah ada ketentuannya dari yang mengelola.

Sementara lokasi Curug Jagapati ini strategis tepatnya berada di Neglasari, Kecamatan Cisompet, Garut. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk di kawasan wisata Curug Jagapati, sebesar 10 ribu per orang.

4. Wisata Curug Panetean

Foto By : @budi_ryan
Foto By : @budi_ryan

Curug Panetean salah satu wisata air terjun yang letaknya di Tasikmalaya Jawa Barat, menawarkan pesona alam air yang jatuh dari atas bukit begitu mempesona. Curug Panetean selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Barat, mulai dari para muda-mudi hingga kunjungan bersama sanak family.

Disamping itu wisata Curug Panetean aliran airnya yang tenang, dengan alur ke setiap dasaran membentuk kolam yang bisa dipakai aktivitas pengunjung untuk berendam maupun bermain air.

Tempatnya Curug Panetean ini sangat strategis, yang berada di Desa Kubangsari, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Wisata alam Curug Panetean ini untuk masuk tidak dikenakan biaya alias gratis, meski tarif dinyatakan gratis sebaiknya anda berkunjung mulai waktu operasinal jam 8 pagi dan untuk tutupnya jam 3 sore.

5. Wisata Curug Luhur

Foto By : @ahmadyusup92
Foto By : @ahmadyusup92

Jawa Barat tidak pernah kehabisan curug yang mempesona, ada di Cianjur tepatnya Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur Jawa Barat. Curug Luhur merupakan wisata alam andalan masyarakat lokal disana, untuk tariff masuknya tidak terlalu mahal hanya 10 ribu saja.

Curug Luhur oleh warga sekitar juga disebut sebagai Curug Lesti, karena sudah kebiasaan memanggil namanya seperti itu Curug ini seperti memiliki dua sebutan. Sementara dari pesona air terjun ini seperti air yang terjatuh dari atas akan melewati batu padas dibawahnya, serta memiliki tingkat seperti tangga.

Aktivitas yang bisa di lakukan di kawasan Curug Luhur, menikmati pemandangan alam hutan dengan suhu sejuknya, suasanannya yang hening memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya sehingga cocok sekali untuk melepas penat, bermain air dan berfoto bersama-sama dengan latar belakang air terjun.

6. Wisata Curug Orok

Foto By : @cadileka
Foto By : @cadileka

Curug Orok merupakan air terjun yang mempesona yang ada di Jawa Barat, air terjun ini letaknya di ketinggian 250 meter dengan view yang mempesona airnya yang jatuh ke dasar tingginya 45 meter. Disamping itu aliran curug yang bersebelahan dengan bukit dengan warna hijaunya membuat mata yang memandang segar dan betah.

Lokasi wisata Curug Orok ini berada di Desa Cikandang, Cikajang, Garut. Jam operasional buka kawasan wisata Curug Orok mulai dari jam 8 pagi hingga jam 8 petang hari. Sementara di pintu masuk pengunjung akan dikenakan biaya, setiap orangnya harganya 10 ribu sudah bisa leluasa menikmati pemandangan alam sekitar.

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika di kawasan Curug Orok, berfoto dengan latar belakang air terjun yang mempesona ini, selain itu pengunjung bisa mengabadikan momen dengan membuat konten video ketika bermain air yang bersih dan dingin ini.

7. Wisata Curug Ngebul

Foto By : @ilhamahmad8873
Foto By : @ilhamahmad8873

Jika anda menentukan refreshing di daerah Cianjur tepatnya maka jangan lewatkan wisata alam air terjun yang indah dan tersembunyi ini, destinasi wisata Curug Ngebul tempatnya surganya para travelling dan fotografer. Karena sebelum anda sampai di Curug Ngebul dituntut untuk memiliki stamina prima, selain itu sesampai di lokasi air terjun akan terpesona dengan keindahan air terjunya.

Lokasi Curug Ngebul ini berada di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur . volume airnya yang deras Curug Ngebul memiliki keinggian 1000 meter dari permukaan laut, namun tenang saja pengunjung aman untuk bermain aliran air terjunya dengan tidak menyalai peraturan pastinnya.

Fasilitas yang ada di Curug Ngebul ini selain jalur menuju air terjun yang baik, ternyata juga memiliki fasilitas lainnya seperti tempat istirahat, tempat ganti pakaian dan lain sebagainnya.

8. Wisata Curug Malela

Foto By : @yusufdenims
Foto By : @yusufdenims

 

Satu lagi yang masuk kategori sebagai Curug Terindah di Jawa Barat adalah Curug Malela, Bandung. Curug yang satu ini memang memiliki keunikan dari pada air terjun yang mengalir dari bukitnya, jika Curug Malela ini selain tingginya mencapai 60 meter ternyata juga sangat lebar mencapai 70 meter.

Disamping itu Curug Malela terdapat 5 jalur aliran air yang begitu deras, sehingga tampak seperti tirai yang tertutup. Curug Malela juga disebut-sebut sebagai Niagarannya Jawa Barat bahkan juga Tanah Air, jika anda ingin ke obyek wisata Curug Malela lokasinnya berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat.

Nah, itu tadi tentang 8 Curug Terindah di Jawa Barat yang Paling Populer. Semoga informasi yang disuguhkan disini memberikan rekomendasi untuk anda yang ingin berakhir pekan nantinnya. Selamat liburan

 

Write A Comment