7 Curug di Jonggol Jawa Barat Yang Paling Terkenal

oleh -946 views

Curug di Jonggol Jawa Barat – Libur telah tiba, saatnya kalian menentukan liburan sekaligus petualang ke obyek wisata alam, jika anda salah satunnya yang sudah list liburan di daerah Jonggol jangan lewatkan destinasi wisata curug di Jonggol Jawa Barat yang terkenal dan cocok untuk sebagai bahan postingan.

Berbicara tentang kawasan Jonggol sebagai daerah tempat wisata memang masih kalah ramainya dengan daerah lainya di Jawa Barat, tetapi anda tidak perlu khawatir yang sudah berada di Jonggol karena ada rekomendasi wisata Curug di Jonggol Jawa Barat yang paling terkenal. Apa saja? Mari simak daftar selengkapnya dibawah ini :

7 Curug di Jonggol Jawa Barat Yang Paling Terkenal

1. Wisata Curug Cipamingkis

Foto By : @anggakuyy
Foto By : @anggakuyy

Pertama, curug di Jonggol yang paling populer adalah Curug Cipamingkis. Objek wisata alam dan air ini memang lagi hits di daerah Jonggol, di kala liburan akhir pekan curug Cipamingkis menjadi salah satu destinasi tujuan untuk refreshing sekaligus menambah foto di galeri ponselmu.

Karena Curug Cipamingkis ini viewnya yang begitu mempesona, dengan ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter. Tidak hanya itu saja curug Cipamingkis memiliki bukit di antara kedua sisinya yang bentuknya bebatuan padas namun ditumbuhi lumut hijau dan dedaunan yang rindang.

Daya tarik Curug Cipamingkis selain suasanannya yang hening, suhu di area air terjun ini begitu sejuk sekali. Aktifitas yang bisa di lakukan pengunjung disini selain berfoto dengan mengabadikan air terjun, bisa mencoba dinginnya air Curug Cipamingkis sekaligus basah-basahan jika suka yang berendam.

2. Wisata Curug Cibereum

Foto By : @aknesta
Foto By : @aknesta

Berikutnya, rekomendasi liburan di Jonggol yang suasannya hening sekaligus menenangkan bisa mengunjungi Curug Cibereum. Kawasan curug ini memang terkenal dengan udara segarnya yang alami selain itu Curug Ciberium di sebut sebagai air terjun tertinggi mencapai 30 meter.

Pesona kawasan curug yang indah di tambah terdapat bukit yang tinggi hijau sebagai sandarannya dapat menyegarkan mata ketika memandangnya, menariknya lagi Curug Ciberreum ini sangat dikenal, sehingga tidak heran apabila di waktu akhir pekan selalu dipadati pengunjung.

Untuk aktivitas pengunjung disini bisa bebas sekali karena luasnya daratan di sekitar air terjun ini, selain berfoto bersama-sama keluarga maupun temanmu ternyata kolam aliran air terjun Cibereum ini aman untuk dibuat berendam, tapi syaratnya anda disini harus bawa ganti pakaian agar tidak kedinginan sewaktu pulang nanti.

3. Wisata Curug Country

Foto By : @ekoisharjanto
Foto By : @ekoisharjanto

Curug paling Indah dan populer yang ada di Jonggol satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan meskipun tidak di akhir pekan, Curug Country memang terdengar asing bagi warga di luar daerah Jonggol tetapi jika di daerah sendiri Curug Country menjadi salah satu Curug terindah.

Curug atau biasannya disebut dengan air terjun dikenal dengan aliran airnya yang indah dari atas jatuh ke dasaran yang dinamakan kolam air terjun. Tampilan aliran air terjun Country ini modelnya seperti anak tangga yang menuruni secara deras melewati bebatuan sebagai dasarnya.

Berbicara tentang volume airnya yang lumayan besar di Curug Country ini, pengunjung di wajibkan untuk selalu berhati-hati sesuai yang di instruksikan pengelola. Jika anda bermain air sebaiknya berada di pinggiran sisi aliran air terjun saja karena terbilang aman dan minim resiko.

4. Wisata Curug Ciherang

Foto By : @rahmatsa1507
Foto By : @rahmatsa1507

Curug Ciherang merupakan salah satu destinasi wisata alam dan air yang mempesona sekali, kawasannya berada di Jonggol Selatan yang masih satu perbukitan dengan air terjun terkenal lainnya yaitu Cipamingkis. Uniknya meski Curug Ciherang ini berada di bagian lainnya, debit airnya lumayan deras sekali dari pada Curug yang masih satu kawasan.

Jika anda memiliki jiwa petualang maka tidak akan kaget ketika berkunjung ke kawasan Curug Ciherang, pasalnya pengunjung diharapkan selalu berada di kondisi yang fit karena rute menuju ke Curug ini bisa dibilang naik turun dan terjal. Meski begitu alur ke Curug Ciherang dipastikan aman karena sudah dirawat oleh pengelola.

Saran untuk berkunjung ke wisata Curug Ciherang sebaiknya mulai pagi hari karena anda bisa berendam dan juga berfoto dengan latar belakang air terjun, jika di siang hari menjelang maka pengunjung sudah mulai berdatangan sehingga kawasan air terjun ini lebih ramai.

5. Wisata Curug Arca

Foto By : @hadi_an_adventurer
Foto By : @hadi_an_adventurer

Salah satu air terjun tersembunyi dan masih belum banyak yang mengetahui di daerah Jonggol bernama Curug Arca, Curug atau air terjun ini tidak jauh memang jaraknya dengan Curug Cipamingkis yang berada di sebelah Timurnya. Meski air terjun Arca ini masih belum banyak tersentuh oleh banyaknya pengunjung namun kini namannya sudah mulai melambung.

Letak lokasi air terjun Arca ini juga bisa dibilang strategis bagi para wisatawan, karena pengunjung yang ingin liburan bisa ambil jalan kearah Jonggol menuju Cipanas tentu saja tidak jauh dari daerah tersebut.

Sebelum berlanjut menuju ke Curug Arca sebaiknya cek perlengkapan anda terlebih dahulu, mulai dari pakaian, alas kaki dan sebagainnya. Tentu saja anda juga wajib memiliki stamina yang prima karena rute trekking menuju ke air terjun bisa dibilang melelahkan.

6. Wisata Situ Rawa Gede

Foto By : @ramsdhenuariv
Foto By : @ramsdhenuariv

Bagi kalian yang masih ingin berlibur di wisata alam dan air yang hening, selain ke tempat air terjun bisa mencoba untuk datang di Situ Rawa Gede. Obyek wisata air yang satu ini pemandangan mempesona sekali, danau-nya yang luas diambah lagi terlihat perbukitan yang tinggi hijau dapat membuat mata segar memandangnya.

Disamping itu Situ Rawa Gede ini selain luas sekali ternyata juga memiliki sport andalan untuk berbagi foto, seperti berfoto di atas perahu, di tepi rawa dengan latar belakang danau sekaligus bukit yang melebar dan masih ada lagi lainnya.

Sementara pengunjung yang ingin datang ke tempat Situ Rawa Gede ini diharapkan untuk menyiapkan budget ketika menyewa perahu, yang sudah siap di tawarkan oleh pengelola. Disamping itu anda jangan lupa untuk membawa kamera ketika perahu sedang berjalan menyusuri danau, untuk di abadikan dengan rekaman video maupun foto.

7. Wisata Hutan Pinus Cipamingkis

Foto By : @hbibah_titi
Foto By : @hbibah_titi

Curug Cipamingkis salah satu wisata air terjun populer yang ada di Jonggol, dimana kawasan Curug ini terdapat destinasi Hutan pinus yang nggak kalah mempesonannya untuk anda kunjungi. Kawasan hutan Pinus di daerah Cipamangkis ini berada di Desa Wargajaya, Sukamakmur.

Setelah berkunjung ke Curug Cipamingkis tidak afdol apabila anda melewatkan obyek wisata hutan yang masih alami ini, ada alternative jalan untuk menuju ke Hutan Pinus yaitu melewati jalan arah Jonggol menuju Cipanas dan sementara posisinya pas dengan Curug Cipamingkis.

Setelah sampai di wisata hutan pinus, untuk masuk ke kawasan tersebut akan dikenai biaya masuk sebesar 50 ribu rupiah, sebelum anda melakukan aktivitas bebas didalam hutan pinus ini alangkah baiknya untuk mengecek perlengkapan seperti jaket karena suhunya yang dingin dan tidak lupa untuk menyiapkan kamera.

Nah, iu tadi tentang 7 Curug di Jonggol Jawa Barat Yang Paling Terkenal. Semoga informasi ini memberikan manfaat sekaligus referensi untuk anda semua dan selamat liburan.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.