5 Cara Memperbaiki Tangki Motor Penyok + Tips Mudah

oleh -303 views
Cara memperbaiki tangki motor penyok

Lakukan cara memperbaiki tangki motor penyok sendiri di rumah. Cukup ketok dengan alat sederhana dan secara ajaib tangkinya akan kembali rata.

Agar prosesnya tepat sasaran dan hasilnya sesuai target, Anda harus mengetahui teknik sederhananya. Bila tidak, bisa-bisa malah mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai beberapa langkah perbaikan dan tips mudah perbaikannya. Selamat menyimak.

Cara memperbaiki tangki motor penyok

Cara memperbaiki tangki motor penyok

Sumber foto: Freepik.com

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan reparasi pada tangki motor yang penyok atau pesok:

1. Melepas tangki dari motornya

Langkah pertamanya adalah melepaskan tangki dari motor. Apa pun merek motornya, entah itu Vixion, Ninja, atau yang lainnya. Semuanya harus melalui proses ini.

Hal ini karena Anda perlu menguras bahan bakar dan memastikan bahwa tangkinya kosong sebelum melakukan perbaikan.

Silakan mulai dengan melepas jok, baru setelah itu tangkinya. Dengan langkah ini, proses pelepasan akan lebih mudah.

Selanjutnya, lepaskan fuel pump dari tangki. Gunakan baut untuk mempermudah prosesnya. Jangan lupa, siapkan wadah untuk menampung bahan bakarnya sampai terkuras habis. Masukkan bahan bakar dalam jerigen agar aman.

2. Siapkan alat-alat pengetokan

Siapkan alat-alat untuk mengetok, di antaranya adalah:

  • Palu khusus pengetokan.
  • Besi pipih.
  • Besi berbentuk lengkung yang berguna untuk mendongkel.

Khusus untuk besi yang lengkung, pastikan Anda memberi timbal pada bagian ujung besi yang akan bersentuhan langsung dengan permukaan tangki bagian dalam. Tujuannya adalah agar permukaan tangkinya tetap aman dan tidak lecet.

Kalau tidak punya timbal, Anda dapat menggunakan kain sebagai ganti. Pasang kain dengan posisi yang agak tebal dan terikat secara sempurna. Tujuannya adalah agar empuk dan tidak mudah lepas.

3. Mulai mengetok

Bila sudah siap semua alatnya, Anda dapat mulai proses ketok. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan dongkel pada bagian dalam melalui lubang tangki bahan bakar. Pastikan bahwa bagian ujung yang ada timbalnya langsung menyentuh dan menekan bagian penyok dari dalam.
  • Sementara itu, gunakan besi pipih dan palu khusus untuk mengetok bagian permukaan luar yang penyok, juga permukaan yang ada di sekitar pesok tersebut sesekali.
  • Lakukan langkah ini secara bersamaan, secara terus menerus sampai permukaannya menjadi rata.

Besi pipih di sini fungsinya adalah agar palu tidak melukai permukaan luar tangkinya. Dengan begitu, polesan catnya juga akan aman.

Apabila Anda bekerja sendiri, maka mungkin penggunaan besi pipih akan cukup menyulitkan karena tidak ada yang memegangi.

Oleh karena itu, mintalah bantuan teman atau keluarga untuk memegang dongkelnya dari bagian dalam. Sementara Anda bisa fokus untuk mengetok dan mengondisikan besi pipihnya di bagian luar.

4. Finishing

Bila permukaannya sudah terlihat rata kembali, cabut dongkelnya. Fokuslah pada bagian luar untuk melakukan finishing supaya tampilan luarnya menjadi lebih bagus dan terlihat seperti normal.

5. Pasang kembali tangkinya

Setelah semuanya selesai dan penyoknya sudah hilang, silakan pasang kembali tangkinya pada motor. Sebelum itu, pastikan Anda sudah memasang fuel pump-nya. Gunakan alat yang sesuai untuk mempermudah pekerjaan.

Bila sudah terpasang, masukkan kembali bahan bakar yang tadi ada di jerigen.

Tips mudah melakukan ketok magic tangki motor

Langkah-langkah di atas akan semakin mudah dilakukan apabila Anda langsung memperbaiki tangki motor begitu dia penyok. Hal ini karena permukaan tangkinya masih tidak begitu kaku atau istilahnya masih “hangat”.

Berbeda dengan perbaikan yang dilakukan setelah beberapa hari, misal seminggu, 2 minggu, atau bahkan satu bulan. Di mana posisi pesoknya sudah kaku dan perlu tenaga kuat untuk reparasi.

Itulah beberapa cara memperbaiki tangki motor yang pesok. Kalau ragu, seperti perbaikan knalpot penyok, Anda juga bisa membawa masalah tangki penyok ini ke bengkel yang ahli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *