7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

oleh -214 views
Begini cara memperbaiki keyboard laptop yang eror, tertukar, dan terkunci

Tak melulu harus diganti, silakan lakukan cara memperbaiki keyboard laptop secara sederhana agar performanya kembali seperti semula.

Cara-cara tersebut akan kami bahas lengkap dalam artikel ini. Silakan coba satu per satu untuk mengatasi keyboard yang bermasalah.

Begini cara memperbaiki keyboard laptop yang eror, tertukar, dan terkunci

Keyboard memang menjadi salah satu komponen laptop yang paling penting. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka mungkin penggunanya tidak bisa memakai laptop dengan leluasa.

Begini cara memperbaiki keyboard laptop yang eror, tertukar, dan terkunci

Sumber foto: Pexels.com

Berikut ini adalah langkah sederhana agar komponen tersebut normal kembali:

1. Restart

Langkah paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restart begitu tahu ada bagian yang eror. Restart ini merupakan cara umum yang bisa mengatasi ratusan masalah yang terjadi pada sistem operasi.

Anda bisa melakukan restart seperti biasa, yakni melalui layar laptopnya. Apabila tidak bisa restart langsung, silakan lakukan hard restart. Caranya adalah dengan menekan tombol power lalu tahan selama beberapa detik dan lepaskan.

Saat laptopnya sudah menyala kembali, cek bagaimana keyboard-nya. Jika masih ada masalah, maka berarti Anda harus mencoba cara lainnya.

2. Cek Num Lock

Jika beberapa tombol pada keyboard-nya tidak berfungsi atau terkunci, maka kemungkinan Anda telah mengaktifkan Num Lock tanpa sadar. Untuk menonaktifkannya, silakan tekan lagi tombol Num Lock yang ada di laptopnya.

Masing-masing laptop memiliki desain dan letak Num Lock yang berbeda. Ada yang perlu menekan Fn dulu, ada yang tidak. Jadi, silakan sesuaikan dengan perangkat masing-masing.

3. Cek driver

Apabila masalahnya adalah keyboard-nya tidak terdeteksi, maka yang harus Anda lakukan adalah mengecek driver-nya. Salah satu tanda bahwa driver-nya bermasalah adalah adanya tanda seru dalam segitiga berwarna kuning.

Untuk mengetahuinya, silakan masuk ke Device Manager, klik Keyboard, klik ikon collapse. Jika ada tandanya, silakan langsung update driver-nya.

4. Bersihkan dari debu

Sering kali tidak berfungsinya tombol-tombol adalah akibat dari keyboard yang tidak terawat. Misalnya sering menumpuk barang berat di atasnya atau ada debu yang masuk ke celah-celah sehingga mengganggu performa keyboard-nya.

Untuk itu, silakan coba matikan laptop kemudian posisikan miring hingga sudutnya 75 atau 90 derajat. Biarkan sampai debunya hilang atau gunakan selotip untuk membuang debu agar hasilnya maksimal.

5. Restore windows

Apabila keyboard eror setelah Anda meng-install sebuah program ke dalam laptop, maka silakan lakukan restore. Cara restoring ini tergantung pada sistem operasi yang terpasang.

  • Untuk Windows 7 dan 8, silakan buka start menu dan ketikkan (cari) Recovery.
  • Pada Windows XP, klik start menu, kemudian all programs, klik accessories, dan pilih system tools. Dari sini, silakan klik System Restore.

Saran kami, agar aman silakan back-up data dulu sebelum melakukan restoring.

6. Ganti keyboard bawaannya

Jika dengan cara-cara di atas keyboard-nya masih belum berfungsi sebagaimana mestinya, maka silakan bawa laptop ke tempat servis. Biarkan tim servis memeriksa masalahnya.

Umumnya, mereka akan menyarankan penggantian keyboard. Anda bisa langsung membeli spare part-nya di service center, bisa juga beli secara online.

Kalau mau beli online, silakan lakukan pencarian sesuai dengan merek dan tipe laptop. Kemudian pasang sendiri dengan mengikuti langkah yang ada di artikel teknologi atau Youtube.

7. Pakailah keyboard USB atau wireless

Mengganti keyboard bawaan kadang menghabiskan banyak uang karena harganya cenderung lebih mahal. Untuk itu, Anda bisa coba cara lainnya yakni dengan membeli keyboard USB atau wireless.

Selain sebagai cara perbaikan, langkah ini juga dapat Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan dan perawatan.

Maksudnya, meski keyboard laptop dalam kondisi bagus, Anda bisa memakai keyboard USB agar keyboard-nya lebih awet.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop rusak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *