2 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah: Kabel dan Speaker

oleh -193 views
Cara memperbaiki headset mati sebelah dari kabelnya

Dari pada beli baru, mending lakukan cara memperbaiki headset mati sebelah yang mudah. Perbaikannya bisa dari bagian speaker atau kabel.

Untuk itu, sebelum melakukan perbaikan, Anda perlu mengecek kerusakannya terlebih dulu. Apakah kerusakannya ada di kabel atau bagian terdalam kepala kabelnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa langkah untuk melakukan reparasi headset sendiri di rumah. Selamat menyimak.

1. Cara memperbaiki headset mati sebelah dari kabelnya

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada kabel headset yang mati dengan cara menekuknya. Hal ini karena kadang kerusakannya tidak jelas terlihat dari luar.

Cara memperbaiki headset mati sebelah dari kabelnya

Sumber foto: Pexels.com

Untuk melakukan perbaikan, silakan siapkan peralatannya terlebih dulu. Di antaranya adalah gunting dan selotip. Anda bisa menggunakan selotip jenis apa saja. Namun, sebaiknya pilih yang berwarna bening dan warna hitam mengilat yang biasanya dipakai untuk kabel-kabel listrik.

Jika alatnya sudah siap, berikut ini adalah langkah mudahnya:

  • Sambungkan headset ke HP kemudian pakai untuk mendengarkan suara keras. Putar musik sekencang-kencangnya. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi bagian yang rusak. Apakah yang kanan, kiri, atau justru keduanya.
  • Bila sudah tahu mana yang mengalami kerusakan, silakan cari bagian kabel yang terputus dengan menekuk-nekuk kabelnya. Mulai dari pangkal hingga ujung. Jangan lewatkan bagian kabel yang terhubung ke konektor karena bagian ini juga sering mengalami kerusakan.
  • Proses pengecekan sebaiknya Anda lakukan sambil mendengarkan suara karena dari situ biasanya akan terjadi perbedaan yang jelas. Misal suara kremesek pada bagian kabelnya atau tiba-tiba muncul suaranya saat secara tidak sengaja kabelnya terhubung ketika tertekuk.
  • Bila sudah ketemu, lepaskan headset dari HP. Kemudian gunting bagian kabel yang rusak. Selanjutnya, pisahkan kedua bagiannya.
  • Silakan kupas kulit kabelnya hingga bagian dalamnya terlihat jelas. Anda akan mendapati beberapa warna kabel. Silakan sambungkan warna-warna yang sama. Kemudian cek lagi. Gunakan untuk mendengarkan suara keras dari HP.
  • Jika sudah tersambung dan bisa, maka silakan pasang selotip bening pada masing-masing warna kabel agar sambungannya aman dan kokoh.
  • Bila sudah selesai, tutup lagi dengan selotip berwarna hitam sampai benar-benar sempurna dan aman.

Caranya cukup mudah dan alatnya pun sederhana. Maka dari itu, Anda bisa melakukannya sendiri langsung di rumah.

2. Cara memperbaiki headset yang rusak speakernya

Jika saat Anda menekuk-nekuk tidak ada tanda bahwa kerusakan terjadi pada kabelnya, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada speaker. Untuk mengetahui dan memastikannya, Anda perlu membongkar kepala headset-nya.

Langkah-langkah pelepasan dan perbaikannya adalah:

  • Lepas plastik penutup headset-nya secara perlahan hingga bagian dalam kepala headset terlihat jelas.
  • Pada bagian dalamnya, Anda akan melihat beberapa kabel warna-warni yang tersambung langsung ke chip headset.
  • Silakan cek masing-masing kabel, apakah sambungannya masih kokoh atau ada yang terlepas.
  • Jika ada satu kabel yang terputus atau tidak tersambung dengan chip, maka silakan siapkan solder menggunakan timah. Sedikit saja asal kabelnya bisa terpasang kembali pada slot atau chip.
  • Lakukan prosesnya dengan hati-hati agar solder tersebut tidak mengenai tangan Anda atau justru merusak bagian lainnya.
  • Tunggu sampai timahnya mengering.
  • Jangan lupa pastikan kabel telah terhubung dengan baik.
  • Jika sudah selesai, silakan pasang kembali plastik penutup headset-nya. Pastikan pemasangannya sempurna sampai ada bunyi klik.

Apabila semua proses sudah selesai semua, silakan cek headset-nya untuk mendengarkan audio. Koneksikan ke HP dan pakailah untuk mendengarkan musik.

Begitulah cara mudah memperbaiki headset yang mati sebelah. Jika Anda memiliki masalah lainnya, misalnya flashdisk yang tidak terbaca, temukan solusinya dengan klik link tersebut.

Sumber : sky-aviantion.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *