7 Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

oleh -252 views
Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis itu tidak sulit. Langkahnya sangat sederhana dan siapa pun bisa melakukannya.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Sumber foto: Pexels.com

Anda pun tidak perlu membawanya ke service center apalagi buru-buru beli baterai baru. Cukup sediakan waktu untuk melakukan pengecekan pada HP-nya langsung dan rawatlah dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips pengecekan dan perawatan yang tepat. Selamat menyimak.

Begini cara memperbaiki baterai HP cepat habis

Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba saat baterai smartphone terasa drop dan cepat habis. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Cek aplikasi yang paling boros baterai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada aplikasi yang terpasang di HP tersebut. Cek aplikasi apa saja yang membutuhkan daya besar sehingga membuat baterainya boros.

Untuk mengetahuinya, silakan masuk ke menu Settings, kemudian pilih Battery. Bila sudah berhasil masuk, silakan cek aktivitas aplikasinya. Jika ada aplikasi yang boros baterai tapi jarang Anda pakai, lebih baik uninstall saja agar tidak merugikan ke depannya.

2. Atur kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar pada HP membutuhkan daya baterai. Semakin cerah layarnya, maka semakin banyak pula daya yang mengalir.

Oleh karena itu, coba cek pengaturan kecerahan layar Anda. Jangan sampai terlalu cerah karena ini bisa mengakibatkan pemborosan daya baterai.

Selain bisa mengatur manual kecerahannya, Anda juga bisa setting auto brightness. Jadi, HP akan menyesuaikan sendiri kondisi layarnya berdasarkan daya hingga lokasi saat Anda membuka smartphone tersebut.

3. Gunakan power saving

Langkah berikutnya adalah memanfaatkan fitur power saving. Hampir semua HP sudah memiliki fitur penghematan daya atau power saving ini.

Jika fitur ini aktif, maka android akan memilah aktivitas-aktivitas yang tidak boros baterai untuk Anda jalankan.

Contoh aktivitas yang akan terdampak adalah hilangnya animasi di dalam aplikasi, matinya layanan lokasi, nonaktif background sync, hingga penurunan kecerahan layar.

Smartphone akan secara otomatis melakukan itu semua. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk melakukan pengaturan manual.

4. Aktifkan airplane mode saat sinyal buruk

Airplane mode ada di smartphone tidak hanya untuk aktif pada saat di pesawat. Anda dapat memanfaatkan fitur ini saat berada di lokasi dengan sinyal buruk atau lemah.

Biasanya, saat tak ada sinyal kuat, smartphone akan mencari-cari terus sinyalnya supaya dapat bekerja secara optimal. Hal seperti ini akan membuat baterai cepat panas dan pada akhirnya akan habis karena boros.

Maka dari itu, jika memang sudah jelas sinyalnya jelek, lebih baik aktifkan mode pesawat. Jangan paksa mesin HP untuk bekerja terus mencari sinyal yang sebenarnya tidak ada atau kurang berkualitas.

5. Aktifkan layanan lokasi hanya saat perlu saja

Aktivasi layanan lokasi membutuhkan kinerja mesin. Jika Anda mengaktifkannya terus, maka bukan tidak mungkin baterainya akan cepat habis.

Sebab saat ini, hampir semua aplikasi membutuhkan layanan lokasi. Padahal sebenarnya aplikasinya juga tidak terlalu penting.

Sebagai solusi, silakan aktifkan layanan lokasi saat Anda sedang mau membuka aplikasi yang benar-benar butuh akses terhadap lokasi. Misalnya adalah Google Maps.

6. Hapus cache

Setiap kali membuka aplikasi atau melakukan aktivitas di smartphone, Anda akan meninggalkan cache. Sering-seringlah menghapusnya untuk menghemat baterai.

Cara ini seperti menghapus file sampah yang sudah tak terpakai agar memori bersih. Sama halnya dalam cara memperbaiki kartu SD yang rusak, di mana Anda perlu menggunakan penghapus untuk membersihkan lempeng tembaganya agar dapat terbaca kembali.

7. Tips perawatan

Untuk menguatkan daya baterainya, silakan lakukan perawatan dengan baik. Caranya adalah dengan melakukan charging pada saat sisa dayanya 15% sampai 20%, tidak membiarkan HP terlalu panas, mengecas dalam kondisi mati, dll.

Terakhir, kalau dengan cara memperbaiki baterai smartphone di atas baterainya masih juga panas dan habis. Silakan letakkan gawai pada lokasi yang dingin, misalnya lantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *