6 Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mudah dan Cepat

oleh -224 views
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mudah dan Cepat

Penting bagi pemilik kendaraan untuk mengerti langkah dan cara memperbaiki aki kering. Dengan begitu, Anda bisa menghindari hal-hal buruk seperti aki cepat habis, ngedrop, lemah, atau masalah lainnya.

Sebagaimana diketahui, aki (accu) merupakan bagian yang sangat penting dalam unit kendaraan, baik itu motor maupun mobil.

Item ini memerankan fungsi terpenting yakni untuk mengalirkan daya listrik pada komponen-komponen yang ada di kendaraan. Misalnya, starter sepeda motor, klakson, lampu, dan lain-lain.

Nah, apabila terjadi kerusakan pada accu, maka kemungkinan besar komponen kelistrikan dalam kendaraan juga tidak teraliri arus dengan lancar sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Silakan simak ulasan kami di bawah ini untuk mengetahui langkah perbaikan aki kering secara cepat dan mudah.

Cara memperbaiki aki kering mobil dan motor yang mati atau cepat habis

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mudah dan Cepat

Sumber foto:

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mereparasi atau mengisi accu yang mati atau cepat habis:

1. Persiapkan alat

Ada beberapa alat yang harus Anda siapkan untuk mulai melakukan langkah perbaikan. Alat-alatnya adalah:

  • Air aki khusus (accu zuur), bukan air isi ulang. Gunanya adalah untuk mengisi akinya.
  • Alat suntik yang fungsinya untuk memasukkan air accu ke dalam boks agar lebih mudah dan aman karena tidak mengenai tangan secara langsung.
  • Kain lembut untuk membersihkan bagian aki dan menyeka tetesan yang tidak sengaja tumpah.
  • Obeng atau alat lain untuk membuka penutup aki.

Setelah semua alatnya siap, silakan lakukan langkah berikutnya.

2. Melepas aki

Pelepasan akinya dapat Anda mulai dengan melepas bagian kutub positif. Tujuannya adalah untuk menghindari percikan api akibat adanya reaksi logam dengan kutub negatif.

3. Bersihkan terlebih dulu

Bila sudah berhasil melepas akinya, langkah yang harus Anda lakukan berikutnya adalah membersihkan akinya. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyeka aki menggunakan kain lembut sampai kotoran-kotorannya hilang sempurna.

Langkah pembersihan ini bertujuan agar saat proses pengisian akinya tidak terganggu. Selain itu, proses pembongkaran aki juga dapat berjalan lancar tanpa ada kemungkinan kotoran yang masuk ke dalamnya.

4. Buka penutup akinya

Silakan buka penutup akinya. Gunakan obeng minus atau alat tambahan lain jika memang merasa kesulitan. Saat membongkar, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan yang justru berdampak buruk pada keseluruhan komponen akinya.

5. Isikan air akinya (accu zuur)

Setelah terbuka, silakan isikan air akinya. Sebagai alat bantu, masukkan dulu accu zuur ke dalam suntikan kemudian baru injeksikan ke dalam ruang akinya.

Agar lebih aman, sebelum pengisian Anda harus memastikan seluruh lubang karet akinya terbuka secara sempurna. Hal ini perlu supaya proses pengisian dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak seharusnya.

Lakukan pengisian pada seluruh lubang karet akinya. Pastikan ukurannya tepat dan rata.

Kemudian, tutup kembali lubang karetnya apabila sudah selesai. Tutup sampai rapat sehingga udara tidak bisa masuk.

Jika semua lubang karet sudah tertutup secara sempurna, sekarang tutuplah akinya hingga posisinya benar-benar aman.

6. Isi ulang dengan daya listrik

Bila sudah, silakan isi akinya dengan daya listrik atau setrum. Caranya adalah dengan jumper atau setum listrik (charge).

Cara pertama dapat Anda lakukan dengan menyiapkan jumper aki dan kabel. Selanjutnya, silakan hubungkan kutub positif dengan negatif dari aki lainnya. Diamkan posisinya selama setengah jam sampai satu jam.

Cara kedua persis seperti nge-charge HP. Biasanya, Anda dapat melakukan prosesnya di bengkel.

Terakhir, bila mengalami kesulitan dalam melakukan cara memperbaiki aki kering kendaraan, silakan lakukan perbaikan di bengkel saja supaya lebih cepat, aman, dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *